http://kakr.wordpress.com/2009/03/10/32/
Silabus Paud
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran/Materi :
Kelas umur :
Semester :
Standar kompetensi : Mengkomunikasikan kemampuan berbahasa melalui perbendaharaan kata dan pengucapan kalimat.
Kompetensi dasar
|
Materi pokok/uraian materi
|
Pengalaman belajar Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
Jenis tagihan bentuk contoh
|
Alokasi waktu
|
Sumber/bahan alat
|
Memahami cara berbahasa melalui pengucapan kelimat
|
- kalimat tanya
- kalimat berita
- cara bertanya dan cara menjawab pertanyaan
|
- Menunjukkan benda-benda disekitar tepat bermain sambil menyebutkan nama benda tersebut (Anak dibawa berkeliling)
- Membuat cntoh-contoh kalimat tanya (cara bertanya) misal:
· Siapa nama temanmu?
· Apa pekerjaan ibumu?
- Membuat contoh-contoh kalimat berita. Misal :
· Ibuku seorang guru
· Namaku : Ani
- Membuat contoh-contoh cara menjawab pertanyaan. Misal :
· Nama-nama temanku adalah : Rina, Rudi, Lisa.
· Bapak saya adalah seorang dokter
- Memperagakan anak berpasangan untuk bertanya dan menjawab. Misal :
Budi : Rudi kemana kamu pergi besok?
Rudi : Aku pergi ke kolam renang.
|
- menyebutkan nama benda-benda yang ditunjukkan
- membuat pertanyaan kepada temannya (pasangannya)
- menjawab pertanyaan yang diberikan temannya
- berdialog secara berpasangan untuk bertanya dan menjawab secara bergantian.
|
|
|
|
Silabus Paud :
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran/Materi :
Kelas umur :
Semester :
Standar kompetensi : Mendeskripsikan pentingnya pemeliharaan alam dan hubungannya dengan kesehatan.
Kompetensi dasar
|
Materi pokok/uraian materi
|
Pengalaman belajar Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
Jenis tagihan bentuk contoh
|
Alokasi waktu
|
Sumber/bahan alat
|
Mengungkapkan pentingnya pemeliharaan alam dan hubungannya dengan kesehatan
|
- Lingkungan bersih dan lingkungan kotor
|
- Mengamati
gambar-gambar lingkungan yang bersih seperti danau yang bersih, jalan
yang bersih, sungai yang bersih atau rumah beserta halaman yang
bersih.
- Berdialog kepada anak tentang perasaannya mengamati lingkungan yang bersih
- Mengamati lingkungan yang kotor seperti parit yang penuh sampah dan kotor, danau yang kototr atau rumah yang kotor.
- Dialogkan kepada anak tentang perasaannya terhadap lingkungan yang kotor.
|
- Menyebutkan ciri-ciri lingkungan yang kotor dan yang bersih.
- Mengungkapkan perasaannya melihat lingkungan yang bersih dan yang kotor.
- Menyebutkan alasan perlunya menjaga kebersihan lingkungan.
|
|
|
|
Menjadwalkan kebersihan lingkungan
|
|
- Membagi tugas kebersihan di dalam ruangan dan diluar ruangan
|
- Melakukan tugas kebersihan
|
|
|
|
Silabus Paud :
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran/Materi :
Kelas umur :
Semester :
Standar kompetensi : Mengekspresikan gambar dan keindahan menggambar.
Kompetensi dasar
|
Materi pokok/uraian materi
|
Pengalaman belajar Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
Jenis tagihan bentuk contoh
|
Alokasi waktu
|
Sumber/bahan alat
|
Menggambarkan objek wisata sederhana
|
- Objek gambar
- cara menggambar
- alat-alat mengambar
|
- Tunjukkan beberapa gambar yang sederhana seperti setangkai bunga, balon terbang, bendera, gunung dan lainnya (boleh ditambahi)
- Bimbing anak membuat gambar dari salah satu objek yang ditunjukkan
- Mengulangi dan menyelesaikan gambar objek yang dibuat.
|
- menyebutkan alat-alat yang digunakan untuk menggambar
- meniru gambar objek sederhana
- membuat gambar objek sederhana
|
|
|
|
Melakukan pewarnaan objek gambar
|
- jenis-jenis warna
- alat-alat mewarnai
|
- Tunjukkan
cat pinsil warna dan sebutkan warna-warnanya di selingi menunjukkan
warnanya. Misalnya : ambil cat pinsil biru dan ucapkan ‘ini warna
biru’
- Melakukan pewarnaan terhadap objek gambar yang sudah dibuatnya.
|
- Menyebutkan jenis-jenis warna
- Menyesuaikan warna objek gambar dengan warna contoh
- Mewarnai gambar objek yang dibuatnya.
|
|
|
|
Silabus Paud :
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran/Materi :
Kelas umur :
Semester :
Standar kompetensi : Mendiskripsikan pentingnya hidup sehat dan cara-cara menjaga kesehatan.
Kompetensi dasar
|
Materi pokok/uraian materi
|
Pengalaman belajar Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
Jenis tagihan bentuk contoh
|
Alokasi waktu
|
Sumber/bahan alat
|
Menjelaskan pentingnya hidup sehat dan upaya menjaga kesehatan
|
- Hidup sehat
- Cara-cara menjaga kesehatan
|
- Tunjukkan gambar orang sehat
- Jelaskan cara-cara seseorang bisa sehat (makanan bergizi, menjaga kebersihan diri/lingkungan, cukup istirahat dan olah raga)
- Peragaan gerakan senam sederhana yang diikuti anak
- Melakukan senam sederhana bersama anak
|
- Menyebutkan ciri-ciri orang sehat
- Menirukan contoh-contoh gerakan senam sederhana
- Mempraktekkan senam sederhana
|
|
|
|
Melaksanakan senam bersama
|
- Senam berirama
|
- Peragakan kepada anak gerakan senam berirama dan anak mengikuti secara perlahan
- Hidupkan kaset senam dan lakukan senam bersama anak-anak.
|
- Menirukan gerakan senam berirama
- Melakukan senam berirama sambil bernyanyi.
|
|
|
|
Silabus Paud :
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran/Materi :
Kelas umur :
Semester :
Standar kompetensi : Mengidentifikasi jenis-jenis alat musik dan kegunaannya
Kompetensi dasar
|
Materi pokok/uraian materi
|
Pengalaman belajar Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
Jenis tagihan bentuk contoh
|
Alokasi waktu
|
Sumber/bahan alat
|
Mendeskripsikan jenis-jenis alat musik
|
alat musik dan jenis jenisnya.
|
- Tunjukkan beberapa alat musik yang sudah dipersiapkan seperti gitar, harmonika, recorder, band dan lainnya.
- Jelaskan kepada anak tentang bahan-bahan alat musik dan cara menggunakannya
|
- Menyebutkan nama alat-alat musik yang ditunjukkan
- Menyebutkan cara penggunaan alat musik yang ditunjukkan
- Menirukan suara alat musik yang dibunyikan.
|
|
|
|
Melaksanakan pembuatan alat-alat musik sederhana (kreatif) dan cara penggunaannya
|
- alat musik kreatif (ritmic kontemporer)
- cara membuat alat musik sederhana
|
- Jelaskan bahan-bahan yang dipergunakan sebagai alat musik sederhana.
- Mengumpulkan bahan-bahan musik kreatif
- Menggunakan musik kreatif diiringi dengan lagu
|
- Membuat alat musik kreatif (sederhana)
- Mempraktekkan nyanyian “satu-satu aku sayang ibu” dengan menggunakan musik kreatif.
|
|
|
|
Silabus Paud :
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran/Materi :
Kelas umur :
Semester :
Standar kompetensi : Mengungkapkan keperluan diri sendiri yang berhubungan denan perasaan nyaman.
Kompetensi dasar
|
Materi pokok/uraian materi
|
Pengalaman belajar Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
Jenis tagihan bentuk contoh
|
Alokasi waktu
|
Sumber/bahan alat
|
Mendaftarkan keperluan diri sendiri dan hubungannya dengan perasaan nyaman/senang
|
- Kebutuhan utama
- Kebutuhan tambahan
|
- Tunjukkan gambar bayi menangis, dan jelaskan alasan bayi menangis (bayi menangis karena haus, lapar utau sudah pipis).
- Tunjukkan gambar makanan 4 sehat 5 sempurna dan jelaskan hubungannya dengan kebutuhan/ keperluan.
- Tunjukkan
gambar contoh-contoh pakaian (gaun, celana, sepatu) dan gambar
perumahan. Jelaskan hubungan pakaian dan perumahan dengan kebutuhan.
- Suruh anak melengkapi gambar rumah dengan orang yang memerlukan makanan dan pakaian (menyusun puzlle/gambar)
|
- Menyebutkan contoh barang-barang yang diperlukannya.
- Menyebutkan cara meminta barang yang diperlukannya
- Mengungkapkan perasaannya jika mendapat barang yang dimintanya.
|
|
|
|
Silabus Paud :
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran/Materi :
Kelas umur :
Semester :
Standar kompetensi : Menyadari pentingnya membantu orang lain
Kompetensi dasar
|
Materi pokok/uraian materi
|
Pengalaman belajar Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
Jenis tagihan bentuk contoh
|
Alokasi waktu
|
Sumber/bahan alat
|
Mengungkapkan pentingnya membantu orang lain dalam membina kebersamaan
|
- Kerukunan antar sesama
- bhinneka Tunggal ika
|
- Suruhlah
seorang anak untuk memindahkan meja yang besar (Karna seorang anak
tidak sanggup mengangkatnya maka suruh di bantu beberapa temannya)
- Jelaskan kepada anak bahwa beban berat yang dihadapi 1 orang akan menjadi lebih ringan bila dihadapi bersama.
- Bimbing anak untuk lebih peduli terhadap teman-temannya musibah.
- Jelaskan kepada anak perlunya kita memberi pertolongan kepada orang lain
|
- Menyebutkan contoh-contoh pekerjaan yang bisa dilakukan anak seorang diri
- Mengungkapkan alasan perlunya memberi bantuan/pertolongan bagi orang lain.
- Memperagakan sikap hidup saling membantu melalui kegiatan permainan
- Menyanyikan lagu tentang perlunya membantu orang lain
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar